eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Analisis Perbandingan Pelayanan Publik Dengan Sistem Manual Dan Online (Studi Pembayaran Rekening Listrik Di Perusahaan Listrik Negara Kota Samarinda) (Sutatik)

Submitted by: ,
On: Dec 4, 2014 @ 11:38 AM
IP: 36.82.208.156

  • Judul artikel eJournal: Analisis Perbandingan Pelayanan Publik Dengan Sistem Manual Dan Online (Studi Pembayaran Rekening Listrik Di Perusahaan Listrik Negara Kota Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Sutatik
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini berupaya membandingkan pelayanan publik dengan sistem manual dan online dalam pembayaran rekening listrik. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam menentukan Key informan atau informan kunci dilakukan dengan metode Snowball sampling dan excidental sampling.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran Perusahaan Listrik Negara menjadi lebih detail dan rinci. Perbandingan pelayanan publik dalam pembayaran rekening listrik dengan sistem manual dan online bisa dilihat dari hal mekanisme, biaya/retribusi dan waktu pelayanan. Berkenaan dengan mekanisme sistem manual dan online perbedaan mekanisme pembayaran secara manual di kantor PLN berjalan lebih lama dan kurang efektif bagi pelanggan dengan adanya perubahan pelayanan pembayaran listrik secara online menjadi lebih mudah dan efektif bagi pelanggan. Biaya pelayanan manual PT. PLN terdapatnya beban biaya sebesar Rp.1.500.- untuk retribusi atau administrasi sedangkan biaya untuk pelayanan online sebesar Rp. 2.500. Waktu pelayanan sistem manual 20-30 / transasksi sedangkan dengan sistem online hanya 2-5 menit / transaksi. Perbedaan dalam mekanisme kerja, biaya/retribusi dan waktu pelayanan berimplikasi terhadap pendapatan, kecepatan bertransaksi dan profesionalime kerja karyawan. Pendapatan manual pada tahun 2004 PLN Rp.1.683.490.050.00 dan pendapatan dengan sistem online tahun 2005 PLN mengalami peningkatan Rp.1.754.523.850.00. Kecepatan bertransaksi dari sistem manual menjadi sistem online, menjadikan PLN semakin lebih baik dalam hal pelayanan publik. Adanya hubungan Profesionalisme Kerja pegawai menghasilkan bentuk kerjasama yang baik dan profesional yang menghasilkan hasil kerja yang maksimal dan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan utama adanya perubahan sistem manual menjadi online yaitu adanya perbaikan layanan terhadap masyarakat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): pelayanan publik, perbandingan, manual, online, pembayaran listrik PLN, Samarind
  • NIM: 0902025123
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2009
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Phil.I.Ketut,Gunawan, MA & Moh. Taufik, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 2
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2014
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): e jurnal tati 2014 (12-04-14-11-38-30).doc (163 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): e-Journal Sutatik (12-04-14-11-38-30).pdf (92 kB)

21,555 total views, 62 views today