eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Studi tentang Analisis Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda (Lianovi Citrasari)

Submitted by: ,
On: Jul 13, 2021 @ 5:04 PM
IP: 114.122.234.42

  • Judul artikel eJournal: Studi tentang Analisis Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Berbasis Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Lianovi Citrasari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelayanan perizinan dan non perizinan berbasis online pada masa pandemi Covid-19 di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samainda. Berkenaan dengan memenuhi standar operasional pelayanan yang harus meliputi persyaratan, prosedur, waktu, biaya, produk dan mengatasi proses pengaduan serta untuk mengetahui pendapat masyarakat terkait pelayanan berbasis online pada masa pandemi Covid-19 di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samainda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan perizinan dan non perizinan berbasis online pada masa pandemi Covid-19 dalam menerapkan elektronik government tidak sepenuhnya menerapkan prinsip dan manfaat e-government. Adapun persyaratan dapat diakses melalui website, aplikasi perizinan dan aplikasi whatsapp. Terkait persyaratan terdapat konsistensi persamaan dokumen. Selanjutnya dalam prosedur pelayanan perizinan dan non perizinan berbasis online tetap menggunakan standar operasional pelayanan konvensional. Pada waktu pelayanan terbitnya perizinan dan non perizinan berbasis online tidak mempengaruhi waktu pelayanan. Selanjutnya pada tahap pembiayaan telah memenuhi kriteria kejelasan biaya. Produk pelayanan selama pandemi Covid-19 berdampak menurunnya jumlah terbit perizinan maupun non perizinan dan telah memenuhi kriteria prinsip pelayanan yaitu produk layanan, diterima dengan benar, tepat dan sah serta memiliki legalitas atau kepastian hukum. Pada proses mengatasi pengaduan menjadi fasilitator dan mediator. Pendapat masyarakat dengan adanya pelayanan berbasis online merasakan kemudahan akan tetapi juga mendapati beberapa keluhan dalam melakukan pelayanan berbasis online pada masa pandemi Covid-19.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): pelayanan, online, perizinan dan non perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelaya
  • NIM: 1702025018
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si. dan Dr. Muhammad Hairul Saleh, M.A.
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 9
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): E-Jurnal (07-13-21-05-04-19).docx (89 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): E-Jurnal (07-13-21-05-04-19).pdf (378 kB)

85 total views, 1 views today