KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI KECAMATAN LOA JANAN ULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Widiya Maulida)
Submitted by: ,
On: Apr 27, 2022 @ 8:21 PM
IP: 118.96.41.157
- Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DALAM PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI KECAMATAN LOA JANAN ULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- Pengarang (nama mhs): Widiya Maulida
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelayanan administrasi dalam penyelenggaraan pelayanan di kecamatan serta mengetahui dan mendeskripsikan Kualitas Pelayanan dalam pembuatan e-KTP di kecamatan. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Loa Janan Ulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan.. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa secara umum kualitas pelayanan administrasi terdapat beberapa indikator fokus penelitian yang penulis tentukan sebelumnya. Adapun indikatornya, yaitu: prosedur pelayanan dalam pembuatan e-KTP memiliki beberapa prosedur mempersiapkan biodata diri, menyiapkan berkas seperti KK, Akte kelahiran dan surat pengantar dari RT/RW. Prosedur pelayanan yang ada di kecamatan loa janan ulu sudah sangat baik dan sangat memenuhi standar SOP yang sudah di tetapkan. Waktu penyelesaian dalam penyelesaian e-KTP belum dikatakan efektif dikarenakan waktu yang telah ditetapkan dengan SOP yang ada 7 hari pengerjaan tetapi penyelesaian tersebut tidak sesuai dan keterlambatan untuk pengambilan e-KTP karena sarana dan prasarana sudah tidak memadai untuk di pakai. Biaya pelayanan dalam pembuatan e-KTP di kecamatan loa janan ulu sudah sangat efektif dikarenakan tidak ada pemungutan biaya dalam pembuatan e-KTP . Sarana dan prasarana dalam pembuatan e-KTP ini sudah tidak bisa digunakan lagi banyak kerusakan alat yang ada dan mulai tidak bekerja dengan baik dalam pengimputan data masyarat, kompetensi petugas pelayanan dalam pembuatan e-KTP memberikan pelayan kepada masyarakat secara sopan dan ramah melayani masyarakat yang hendak melakukan pelayanan pembuatan e-KTP.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan administrasi, e-KTP
- NIM: 1702025034
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
- Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si dan Dr. Rita Kalalinggi, M.Si
- Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
- Volume: 10
- Nomor: 2
- Tahun: 2022
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): ejournal widiya maulida (04-27-22-08-21-40).docx (87 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ejournal widiya maulida (04-27-22-08-21-40).pdf (177 kB)