eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

Studi Tentang Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Remaja Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda (Rika Rosalina)

Submitted by: ,
On: Jul 11, 2019 @ 7:56 AM
IP: 180.248.121.95

  • Judul artikel eJournal: Studi Tentang Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Remaja Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Rika Rosalina
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Survei kepuasan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam penyempurnaan pelayanan publik dalam memberikan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan berdasakan ruang lingkup atau indikator, seperti persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, produk spesifikasi dan jenis pelayanan, kompetesni pelaksana, penanganan pengaduan, saran dan masukan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Puskesmas Remaja kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung tingkat kepuasan masyarakat di Puskesmas Remaja. Jenis penelitian ini menggunakan jenis atau metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini pengambilan data dari UPT Puskesma Remaja menggunakan metode purposive sampling sedangkan data dari masyarakat menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diambil suatu kesimpulan bahwa masyarakat sudah puas dengan pelayanan publik pada Puskesmas Remaja walaupun masih terdapat beberapa unsur pelayanan yang dirasakan belum memuaskan di antaranya waktu pelayanan di bagian administrasi, dikarenakan pada saat mendaftar ada beberapa pasien yang belum memenuhi syarat dalam pembuatan kartu khusus berobat sehingga memakan waktu yang lebih lama dalam proses pendaftaran dan pada penanganan pengaduan, saran dan masukan yang ada di Puskesmas Remaja masih belum optimal karena kurang tanggapnya dari pihak puskesmas atas keluhan masyarakat yang di unggah ke website Puskesmas.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kepuasan, pasien, pelayanan, publik.
  • NIM: 1202025145
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Erwin Resmawan, M.Si/Budiman, S.IP., M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 7
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (07-11-19-07-56-07).doc (130 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (07-11-19-07-56-07).pdf (796 kB)

227 total views, 1 views today