eJournal Ilmu Pemerintahan

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PRIMA DI KANTOR KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Sinta Astuti ,Adam Idris ,Rita Kalinggi)

Submitted by: ,
On: Oct 22, 2018 @ 10:36 AM
IP: 125.160.79.80

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PRIMA DI KANTOR KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • Pengarang (nama mhs): Sinta Astuti ,Adam Idris ,Rita Kalinggi
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini membahas tentang Studi tentang Kualitas Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Prima Di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kertanegara menunjukkan bahwa kualitas aparatur sipil negara dalam pelayanan prima di Kecamatan Kota Bangun melalui Prosedur Pelayanan sudah sesuai dengan peraturan yang ada, namun kelemahan pada sistem antrian yang tidak teratur, Waktu Penyelesaian Kecamatan juga sudah sesuai dengan standar pelayanan yakni 1-3 hari, namun sedikitnya alat elektronik dan pemadaman listrik menyebabkan masyarakat harus menunggu lebih lama, Biaya Pelayanan ialah gratis karena sudah ditanggung negara namun masyarakat memberikan imbalan barang maupun uang kepada aparatur sebagai ucapan terima kasih/ hadiah, Produk Pelayanan seperti KTP, KK, Perizinan hingga surat – surat penting yang dibuat sesuai dengan edaran dari pusat dan memiliki standar yang berkualitas dan tahan lama, Sarana dan Prasarana sangat terbatas hanya 6 komputer dalam pembuatan KTP, selain itu tidak ada pembelian baru, Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan Kecamatan Kota Bangun memiliki pengetahuan, keahlian, ketrampilan, sikap dan perilaku yang sesuai dengan kebutuhan pembuatan KTP, aparatur juga berupaya belajar dan aktif melalui rapat/ pertemuan masyarakat dan kunjungan lapangan ke warga di Kecamatan. Faktor pendukung pemberian penghargaan dan kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan sumber daya aparat dalam melayani masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah pemadaman listrik bergilir dan kurangnya sarana dan prasarana kantor seperti komputer, mesin ketik dan lemari arsip besi
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas, pelayanan, kartu tanda penduduk
  • NIM: 14020255034
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Ilmu Pemerintahahan
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Drs. H. Adam Idris, M.Si dan Dr. Rita Kalalinggi, M.Si
  • Nama eJournal: eJoournal Ilmu Pemerintahan
  • Volume: 7
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL ASTUTI (10-22-18-10-36-53).doc (104 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL ASTUTI (10-22-18-10-36-53).pdf (175 kB)

109 total views, 1 views today